menu melayang

POP UP NOTIFIKASI PEMBELI

Kamis, 08 Juni 2023

Cara Merubah Ukuran Desain di Canva

Cara Merubah Ukuran Desain di Canva
Sesudah selesai membuat desain Canva hal selanjutnya adalah merubah ukuran desain di Canva sesuai ukuran yang di perlukan, baik itu untuk konten grafis seperti untuk post Instagram, Pinterest, twitter, membuat logo, membuat pamflet banner dll.

Canva saat ini menjadi salah satu aplikasi editing dan desain yang cukup populer digunakan. Baik karena alasan mudah di gunakan juga karena fitur-fitur di dalamnya cukup komplit untuk hampir semua kegiatan membuat desain tersedia di dalamnya. Karena Kamu sudah mampir kesini saya anggap Kamu butuh artikel yang akan saya bahas ini yaitu bagaimana cara merubah ukuran desain di canva gratis.

Lihat juga : 

Tahapan Cara Merubah Ukuran Desain di Canva 


Canva merupakan Tool atau Aplikasi desain yang mudah di gunakan dan cukup komplit fitur didalamnya, apabila dalam versi gratis belum membuat Kamu puas, Kamu bisa mengunakan versi premium alias berbayar agar semakin puas dalam membuat desain profesional sesuai yang di inginkan. Dinamakan tools atau aplikasi itu karena memang Canva tersedia dalam 2 versi yanh berbeda, yakni dalam bentuk situs web editing dan juga aplikasi mobile. 

Keduanya juga bisa Kamu gunakan secara gratis ataupun versi berbayar. Di sana sudah tersedia banyak layout dan template desain yang dapat Kamu gunakan untuk membuat desain lebih cepat dan mudah dengan hasil memuaskan. 

Terdapat banyak fitur yang tersedia, mulai , banner, poster, logo dll. Tetapi terdapat satu fungsi yang jarang dibicarakan oleh pengguna Canva yaitu merubah ukuran file. Cara merubah ukuran desain di Canva ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. 

1. Merubah ukuran Canva dengan cara mengubah page orientation.


Tetapi ukuran page orientation canvas yang digunakan untuk mengedit ini hanya bisa Kamu gunakan apabila Kamu pengguna Canva Pro, Canva for Enterprise dan Canva for Education. 
  1. Cara merubah ukuran page orientationnya pun simple. Yang pertama. buat desain atau buka desain yang sudah ada yang menurut Kamu sesuai. 
  2. Selanjutnya pilih menu 'Resize' yang terdapat di atas editor,
  3. Maka Kamu akan melihat dimensi desain pada bagian custom size. 
  4. Rubah ukuran pada menu 'height' dan 'width' dengan ukuran yang Kamu kehendaki. Atau Kamu cukup memilih dari pilihan preset yang tersedia. Terakhir tinggal pilih 'Copy & Resize. 

2. Merubah Ukuran Canva Dengan Merubah [Resize] dan Memotong [crop]


Berikutnya cara mengubah ukuran (resize) dan memotong ukuran (crop) elemen-elemen yang digunakan pada desain Canva yang Kamu buat. Bagaimana caranya? dibawah ini pembahasan selengkapnya :

1. Pilih pada Elemen, Photo atau Textbox yang Akan Diubah 


Tahap pertama yang harus Kamu lakukan untuk mengubah elemen-elemen editing pada Canva ialah pilih terlebih dulu elemen yang akan diubah ukurannya. 

Elemen yang di maksud disini adalah komponen atau desain apa saja yang ada di dalam template desain yang Kamu gunakan. Misalnya ada Poster, textbox ataupun elemen-elemen lainnya.

2. Pilih 'Crop' 


Jika sudah, cara merubah ukuran di Canva berikutnya ialah Pilih pada menu 'Crop' yang ada di toolbar yang berada di atas canvas editor. Di toolbar di atas editor ini ada beberapa menu yang bisa digunakan untuk membantu proses editing, salah satunya adalah menu 'Crop' ini. 

3. Pilih pada Salah Satu Lingkaran Handle Berwarna Putih 


Berikutnya kalau Kamu ingin merubah ukuran tanpa memotong bagian elemen, cukup pilih pada salah satu Lingkaran putih yang ada di setiap sudut sisi elemen. Geser handel berwarna putih sampai Kamu mendapatkan ukuran yang sesuai keinginan. 

Tetapi jika Kamu ingin memotong elemen yang ada (crop), cukup geser tanda putih crop yang ada di pinggir photo untuk memotong bagian foto atau elemen. Kemudian pilih di bagian luar elemen tersebut. lalu pilih pada tombol 'Done'. 

Cara ini bisa Kamu gunakan hanya untuk mengubah ukuran elemen desain saja lho ya, bukan ukuran desain yang Kamu buat, jika Kamu menggunakan Canva versi gratis. Lalu bagaimana cara merubah ukuran desain Canva yang akan dibuat?

Cara Merubah Ukuran di Canva


Kamu bisa menggunakan fitur Resize sebagai cara merubah ukuran di Canva untuk desain yang telah Kamu buat. Fitur ini bisa Kamu gunakan hanya tersedia pada Canva Pro, Canva for Educations, Canva for Enterprise dan Canva for Nonprofits. Cara merubah ukurannya pun tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Membuat Desain Baru atau Buka Desain yang Sudah Dibuat 


Tahap pertama untuk mengubah ukuran desain Canva Kamu adalah buat desain baru pada canvas yang tersedia. Atau, jika Kamu sudah pernah membuat desain Kamu sendiri, buka desain yang telah Kamu buat sebelumnya. Pada halaman editor atau pada canvas editing ini Kamu akan melihat beberapa menu di bagian atas.

2. Pilih Menu 'Resize' 


Dari beberapa menu yang tersedia di toolbar di bagian atas editor, ada pilihan menu 'Resize'. Pilih pada menu tersebut. Tetapi sayang, Kamu tidak bisa memasukkan dimensi secara custom. Jadi saat Kamu menggunakan photo pada desain dengan bentuk kotak berukuran 400x500 misalnya, fitur resize ini akan sangat membantu Kamu untuk merubah ukuran menjadi sesuai inginkan. Kamu masih harus mengecek ulang pada tema desain yang Kamu gunakan untuk memastikan apakah ukuran yang Kamu inginkan tersedia atau tidak.

3. Tekan Preset Dimensions atau Masukkan Custom Dimensions 


Jika Kamu memiliki pin, maka akan lebih memudahkan dalam proses ini. Berikutnya Kamu hanya perlu 'Copy & Resize' pin yang telah Kamu buat sebelumnya, kemudian pilih resize dan pilih ukuran sosial media yang Kamu kehendaki untuk ukuran desain yang akan dirubah. 

Untuk itu berikutnya proses copy dan resize akan bekerja berdasarkan ukuran yang sudah terpilih tersebut.  Cukup atur dan sesuaikan gambar yang Kamu gunakan agar sesuai dengan apa yang Kamu kehendaki.

4. Download Desain 


Tahap terakhir dari cara merubah ukuran di Canva ialahg download desain yang telah Kamu buat. Jika semua tahapan sudah Kamu kerjakan sesuai uraian di atas dan menyesuaikan ukuran desain berdasarkan keinginan atau kebutuhan, maka  yang terakhir tinggal download hasil desainnya.

Pilih tombol download yang ada di bagian kanan atas halaman, maka hasil desain Kamu akan tersimpan di memori penyimpanan perangkat yang Kamu gunakan.

Demikian tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengubah ukuran di Canva ataupun merubah ukuran foto atau logo di Canva. 

Ini juga karena fitur ini tidak tersedia pada Canva versi gratis. Pada Canva versi gratis, Anda hanya bisa mengubah ukuran elemen-elemen yang digunakan untuk editing saja, tidak keseluruhan.


MAU BELAJAR DIGITAL MARKETING


Pengalaman Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun, dan menghasilkan ratusan video..


Kualitas tinggi Beberapa desain video kami telah menghasilkan puluhan rupiah.


Cepat Anda tidak perlu menunggu lama, Karena sudah ada jadwal pelatihan.


Fasilitas Template Tidak hanya mendesain video, kami juga Memberikan template Anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Translate


Cari Artikel

Arsip Blog

tag

Jasa video animasi Arsitektur & Desain, Jasa video animasi Buku Bangunan, Jasa video animasi Buku Codes & Standars, Jasa video animasi Buku Dekorasi & Ornamen, Jasa video animasi Buku Desain Dapur, Jasa video animasi Buku Desain Kamar, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Keluarga, Jasa video animasi Buku Desain Ruang Tamu, Jasa video animasi Buku Desain Rumah, Jasa video animasi Buku Interior & Eksterior, Jasa video animasi Buku Metode, Jasa video animasi Buku Taman, Jasa video animasi Material Bangunan, Jasa video animasi Buku Hukum, Jasa video animasi Buku Gender & Hukum, Jasa video animasi Buku Hukum Dagang, Jasa video animasi Buku Hukum Perdata, Jasa video animasi Buku Hukum Internasional, Jasa video animasi Buku Hukum Pidana, Jasa video animasi Buku Kemanusiaan, Jasa video animasi Buku Politik & Hukum, Jasa video animasi Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan, Jasa video animasi UUD 1945, Jasa video animasi Buku Import, Jasa video animasi Agriculture Book Import, Jasa video animasi Art & Novel Import, Jasa video animasi Child & Teenager Book Import, Jasa video animasi Computer Book Import,